Hasil Survei Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Sistem dan Praktik Pengelolaaan SDM
- Instrumen pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan telah mempunyai sifat sahih (r hitung 37 item > r tabel ), handal (0.94) dan mudah digunakan (instrumen diupload pada SSO Unesa yang dapat diakses dengan mudah oleh pemangku kepentingan)
- Pelaksanaan survei dilaksanakan setiap akhir tahun terhadap dosen dan tendik secara online (SSO)
- Analisis data dengan IPA untuk mengukur perbedaan antara kinerja aktual (kenyataan) dengan harapan pada atribut pengembangan dosen dan tendik*( perencanaan,rekrutmen/seleksi, orientasi dan penempatan pegawai, pelatihan, studi lanjut, dan pengembangan, evaluasi kinerja, jenjang karier); dan renumerasi, penghargaan dan sanksi
Hasil penjajagan survei dalam tiga tahun terakhir (2014, 2015, dan 2016) berupa pemetaan perbedaan antara kinerja aktual dengan harapan dosen dan tendik yang tersebar ke dalam empat kuadran yang tersaji pada Tabel berikut
Kuadran | Tahun | ||
2014 | 2015 | 2016 | |
I (kenyataan belum sesuai harapan). Manajemen Unesa perlu memperbaiki aktifitas ini sebagai prioritas utama | Rekrutmen, seleksi, pemberhentian pegawai, pengembangan karier, jenjang karier, remunerasi, penghargaan dan sanksi
| Rekrutmen, seleksi, pemberhentian pegawai, pengembangan karier, jenjang karier, remunerasi, penghargaan dan sanksi
| Orientasi penempatan pegawai, seleksi remunerasi, penghargaan, sanksi, jenjang karir, rekrutmen, pemberhentian pegawai dan evaluasi kinerja
|
II (kenyataan dan harapan tinggi) Manajemen perlu mempertahankan prestasi
| Rekrutmen/seleksi dan pemberentian pegawai, orientasi dan penempatan pegawai, remunerasi, penghargaan dan sanksi | Rekrutmen/seleksi dan pemberentian pegawai, orientasi dan penempatan pegawai, remunerasi, penghargaan dan sanksi, | Jenjang karir, orientasi dan penempatan pegawai, rekrutmen, seleksi dan pemberentian pegawai, remunerasi, penghargaan dan sanksi |
III (kenyataan dan harapan rendah). Manajemen Unesa penting mengalihkan ke aktifitas lain yang lebih memuaskan
| Rekrutmen,seleksi, pemberhentian pegawai, pengembangan karier, evaluasi kinerja jenjang karier, remunerasi, penghargaan
| Rekrutmen/seleksi dan pemberentian pegawai, orientasi dan penempatan pegawai, remunerasi, penghargaan dan sanksi
| Rekrutmen, seleksi dan pemberentian pegawai, evaluasi kinerja, remunerasi, penghargaan dan sanksi
|
IV (kenyataan rendah namun harapan tinggi) Manajemen Unesa perlu memperhatikan aktifitas yang perlu ditingkatkan | Rekrutmen, seleksi, pemberhentian pegawai, pengembangan karier, evaluasi kinerja jenjang karier, remunerasi, penghargaan dan sanksi
| Rekrutmen/seleksi dan pemberentian pegawai, orientasi dan penempatan pegawai, remunerasi, penghargaan dan sanksi
| Rekrutmen, seleksi dan pemberentian pegawai, evaluasi kinerja, remunerasi, penghargaan dan sanksi
|
Tindak lanjut | 1) berdasarkan hasil survei maka sistem dan praktik pengelolaan sumberdaya manusia Unesa lebih mudah dilaksanakan 2) instrumen pengukuran kepuasan dosen, pustakawan, laboran, teknisi, tenaga administrasi, dan tenaga pendukung ini dievaluasi dan diperbaiki setiap tahunnya oleh PPM bersama GPM di Unesa 3) analisis hasil survei kepuasan dosen, pustakawan, laboran, teknisi, tenaga administrasi, dan tenaga pendukung terukur dengan baik dan secara kontinu dapat digunakan sebagai pengendali mutu
|
Share It On: